Politeknik Pekanbaru Siap Beroperasi, Siap Menerima Mahasiwa Baru

Mawardi Tombang
Kamis, 11 November 2021 00:00:00

KANALSUMATERA.com - PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT memiliki pikiran maju dan pandangan jauh ke depan serta berkeinginan pembangunan di Pekanbaru ini memiliki integrasi antara satu sama dengan lainnya, pembangunan fisik dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Setelah sukses membuka dan membangun Kawasan Industri Tenayan (KIT), saat ini walikota sedang merancang menyiapkan tenaga ahli dan terampil di bidangnya yakni Pembangunan Politeknik Pekanbaru.

Kepala Dinas pendidikan Kota Pekanbaru, Dr H Ismardi Ilyas menjelaskan bahwa progres pembangunan Politeknik Negeri Pekanbaru secara simultan terus berjalan dengan baik. Seperti diantaranya, kajian naskah akademis dan kajian kelayakan pendirian itu sudah disusun. Berikutnya juga sambil proses itu berjalan, komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk mengusulkan ke pemerintah pusat tetap berjalan.

"Artinya sejauh ini prosesnya (pendirian Politeknik Pekanbaru) bergerak terus, dan kita mohon dukungan semua pihak. Karena memang Politeknik ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjawab tantangan dunia kerja di tahun-tahun mendatang," papar Ismardi.

Bahkan, berdasarkan MoU pada hari Rabu 03 November 2021 yang lalu untuk rintisan dan tahap awal pembangunan Politeknik Pekanbaru ini nantinya akan menginduk ke Politeknik Negeri Batam.

Sedangkan ruang lingkup MoU ini dalam bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengkajian dan pengembangan, dan pendampingan yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah dan sumber daya manusia untuk kesejahteraan masyarakat di Kota Pekanbaru.

Pada MoU tersebut, dari Pemko Pekanbaru dihadiri Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus, ST, MT, Sekda Pekanbaru H Muhammad Jamil MSi; Ass 1 Drs. H. Syofaizal, MSi; Asisten 3, Masykur Tarmizi, SSTP, MSi; Kepala Bappeda H. Ahmad, ST., MT; Kadisdik Dr H. Ismardi Ilyas, MAg; Kabag Kerjasama, Fajri Adha S.STP, MSi dan delapan tenaga ahli dari Pemko Pekanbaru.

Kemudian dari Polibatam turut hadir, Direktur Polibatam, c Wakil Direktur I Bidang Akademik, Ahmad Riyad Firdaus, P.hD ; Wakil Direktur II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Bambang Hendrawan, MSM; Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Dr. Muhammad Zaenuddin; Kepala Satuan Hilirisasi Inovasi dan Layanan Usaha (SHILAU) Muslim Ansori SE, MAk., CPA., CA; dan Ketua Jurusan Manajemen Bisnis Polibatam, Arniati, SE., MSi., Ak, CPA, CA., PhD

Diakui Ismardi, di Pulau Sumatera memang ada beberapa Politeknik, namun setelah dievaluasi sesuai krakter daerah yang dimiliki Pekanbaru, yang memiliki kesamaan adalah Kepri yang memiliki Politeknik Batam. Ini sesuai dengan kondisi Pekanbaru yang sekarang sudah menjadi kota metropolitan, dan 20 tahun lagi menjadi megapolitan. Pekanbaru membutuhkan sarjana terapan, sarjana terampil yang dibutuhkan dunia industri.


Dikatakannya, alumni Politeknik sangat dibutuhkan baik oleh masyarakat atau Pemko Pekanbaru. Hal itu untuk menjawab tantangan akan kebutuhan tenaga kerja dengan keberadaan KIT yang saat ini dalam proses pembangunan juga.

"Kita nanti punya KIT yang membutuhkan 155 ribu tenaga kerja. Dan ada banyak industri di sana. Itu memerlukan tenaga kerja yang siap pakai. Dari mana? Tentu dari sini kita siapkan (Politeknik Pekanbaru) untuk bisa bersaing mengisi peluang yang ada, ini menjadi tanggung jawab Pemerintah tentunya," jelasnya.

Disampaikannya juga, untuk target pembangunan Politeknik Pekanbaru diharapkan bisa selesai 2021 ini, dan tahun berikutnya sudah bisa menerima peserta didik. Untuk bangunan sudah dipersiapkan pemko, yaitu menggunakan gedung SMK Teknologi Pekanbaru yang saat ini ditempati oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Semua sudah lengkap disana, sudah ada ruangan belajar, asrama, dan segala macamnya, ada labor juga. Dan akan bertahap untuk sarana dan prasarana pendukung lainnya disiapkan.


"Kita sudah punya modal untuk Politeknik ini, yaitu bangunan yang sudah siap. Untuk tenaga pendidik akan kerjasama dengan Politeknik yang ada di Riau. Bisa dengan Politeknik Caltex, Bengkalis, maupun Kampar," kata Ismardi.

Diungkapnya lagi, karena yang diusulkan itu politeknik negeri makanya, berharap respon baik dari Pemerintah Pusat untuk segera meng-ACC administrasi dan Politeknik Pekanbaru jalan. "Dan target Pak Wali Kota juga tahun ini bisa selesai. Tapi melihat kondisinya jadi agak molor dari target tahun ini," jelasnya.

Kendala mengapa percepatan pembangunan Politeknik Pekanbaru bisa molor? Meski Pemko Pekanbaru menggesa bisa beroperasi menjelang periodisasi Firdaus-Ayat berakhir April 2022, karena ada moratorium pendirian Politeknik negeri baru.

"Dengan moratorium ini tentu membuat laju semangat kita terganggu. Harapan kita moratorium ini dicabut, sehingga kota Pekanbaru menjadi kota Pertama yang segera dibangun Politeknik setelah moratorium dicabut," tegasnya.

Lainnya
Kebakaran Hebat Terjadi di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara
Kebakaran Hebat Terjadi di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara
Baznas Batam Beri Penghargaan Rudi-Amsakar Sebagai Insa
Pansus Migas Sebatas Rekom, Kuras APBK Rp 250 Juta
44 Pejabat Strategis Diganti Jokowi, Termasuk Kepala Ba
Daerah
Tokoh Masyarakat Riau-Kepri Minta Mendikbud Potensi Putra Daerah Pimpin LLDIKTI XVII
Tokoh Masyarakat Riau-Kepri Minta Mendikbud Potensi Putra Daerah Pimpin LLDIKTI XVII
Pasca Moratorium Izin Tambang, CBA: Izin Tambang Itu Se
PHR Kembali Buka Program Magang Kerja, Ditempatkan di J
Global
Perkuat Penempatan Kerja PMI, Kepala BP2MI Temui HRD Korea
Perkuat Penempatan Kerja PMI, Kepala BP2MI Temui HRD Korea
Kunker ke Taiwan, Kepala BP2MI Bertemu 8 Pekerja Migran
Sosek Malindo Kembali Diaktifkan, Kedua Negara Berkomit
Ekonomi
Pasca Moratorium Gubernur Kepri Diingatkan Agar Berhati-hati Berikan Izin Kepada Mafia Tambang
Pasca Moratorium Gubernur Kepri Diingatkan Agar Berhati-hati Berikan Izin Kepada Mafia Tambang
PLUT UMKM Provinsi Riau Adakan Pelatihan Pemanfaatan Li
BUMN Kerjasama dengan Koperasi Asal Kampar, Beri Modal
Politik
Pakai Slogan
Pakai Slogan "SUWAI", Syamsuar-Mawardi Siap Berlayar Hadapi Pilgubri 2024
Ketum Hanura OSO Antar Muhammad Umar ke Peristirahatan
KPU Kampar Umumkan Pemenang Lomba  Maskot dan Jingle P
Hoax or Not
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Banyak Pelaku Terorisme Berasal dari Sumbar dan Sumsel,
Soal Penelantaran Kakek Bernama Abdul Jalil di Medan, I
Viral
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Polda Sumut Angkat Bicara soal Video Mahasiswa Berjaket Hijau Tua (USU) Dipukuli Oknum Polisi
Posko Darurat Asap PKS Riau, Dari Over Kapasitas Hingga
Warga Besitang Meninggal Dalam Kamar Hotel Budi Baru, D
Lifestyle
Permata Ummat Berharap Pemerintah Beri Fasilitas Yang Cocok Untuk Para Disabilitas
Permata Ummat Berharap Pemerintah Beri Fasilitas Yang Cocok Untuk Para Disabilitas
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Bantu Umi Marila Janda Ana
RS Zainab Pekanbaru Hadirkan Klinik Fertilitas, Beri Ha