Pemkab Pelalawan Lakukan Berbagai Inovasi Untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Mawardi Tombang
Senin, 11 Mei 2020 05:38:51

PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melaksanakan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pelalawan Tahun 2021. Pembukaan Musrenbang RKPD ini dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Rabu (11 Maret 2020).

Penyusunan RKPD Tahun 2021 ini sendiri mengambil tema "Pemantapan Inovasi Pembangunan untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi dan Masyarakat yang Aman dan Sejahtera".

Dalam arahannya, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan bahwa RKPD Perencanaan Tahun 2021 merupakan implementasi tahun terakhir kebijakan Pembangunan Kabupaten Pelalawan periode 2016-2021 dengan visi pembangunan Inovasi Menuju Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera).

Harris kembali menekankan pada tahun 2021 yang akan datang, pembangunan diarahkan pada penyempurnaan seluruh program pembangunan sesuai sasaran dan target kerja masing-masing, sehingga pada akhirnya sasaran 5 tahun yang ditetapkan dapat terwujud.

Dikatakan Bupati Harris, program dan kegiatan yang mendukung 7 program prioritas pembangunan dan pencapaian misi lainnya harus benar-benar dipastikan penyelesaiannya sesuai target yang ada dan berfungsi dengan baik. "Karena tahun 2021 merupakan akhir masa jabatan kami selaku Bupati Pelalawan," ucapnya.

Baca: Bupati Sukiman Kepada Himarohu-Riau: Kaum Intelektual Penerus Pembangunan

HM Harris kembali menjelaskan capaian Target Indikator Komposit keberhasilan pencapaian visi melalui 7 Prioritas Strategis Pembangunan tersebut pada tahun terakhir ini, yakni Laju Pertumbuhan Ekonomi 4,50%, Tingkat Pengangguran Terbuka 3,66%, Tingkat Kemiskinan 9,10%, Point IPM 73,69 dan Point dan Indeks Inovasi Daerah 7,24.

Oleh sebab itu program dan kegiatan yang dirumuskan di dalam RKPD 2021 adalah program/kegiatan yang mewujudkan pencapaian indikator komposist dimaksud dan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah sesuai kewenangan.

Bupati Pelalawan dua periode ini juga menambahkan tugas Pemerintah Daerah itu adalah melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat secara maksimal. "Selama ini kita fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar, dan perbaikan ekonomi masyarakat. Keterbatasan kemampuan keuangan daerah mengharuskan kita menilai, memilih dan melaksanakan program/kegiatan yang betul-betul dapat mewujudkan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tersebut secara efektif dan efisien," tuturnya.

Sebagai pusat unggulan pengembangan komoditi kelapa sawit yang menjadi sumber ekonomi utama di Kabupaten Pelalawan bahkan di Provinsi Riau dan Sumatera, maka Teknopolitan Pelalawan ini dipercaya akan menjadi faktor penentu yang akan mendorong industri kelapa sawit sebagai sumber kesejahteraan di Indonesia. Saat ini Pelalawan ditetapkan sebagai lokasi "pilot project" pembangunan pabrik Bahan Bakar Nabati (BBN) berbasis Kelapa Sawit.

"Segala macam persiapan sudah kita lakukan, mulai dari penyiapan petani dan kebun yang akan memasok buah sawit, menyiapkan lahan pabrik, sampai dengan menyiapkan manajemen pengelolaan dan perusahaan pengelola. Kalau nanti pilot proyek ini betul-betul terwujud, maka proyek prioritas strategis nasional yakni Pembangunan Eenergi Terbarukan BBN Berbasis Kelapa Sawit sebagaimana ditetapkan di dalam RPJMN 2019-2024, yang nanti akan dijelaskan oleh Ibu Amalia A Widyasanti (Staf Ahli Bappenas), salah satunya akan dimulai dari daerah ini," jelasnya lagi.

Baca: Bupati Sukiman: KTNA Ujung Tombak Ketahanan Pangan di Kabupaten Rohul

Mantan Ketua Adkasi ini menekankan pembangunan "pilot project" BBN di Pelalawan ini akan berpusat di Kawasan Teknopolitan, dengan tetap mengembangkan daerah penyanggah lainnya di berbagai kecamatan di Pelalawan. Untuk lebih memaksimalkan pengembangan BBN di Kawasan Teknopolitan itu maka perlu akselerasi berbagai upaya dan aktifitas, terutama pembangunan infrastruktur pendukung, paralel dengan upaya pengembangan investasi.

Ia juga mengatakan pembangunan industri hilir kelapa sawit di Kawasan Teknopolitan Pelalawan ini tidak hanya akan menjadi Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Pelalawan saja, tetapi juga akan menjadi bagian dari Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Riau.

Dari sisi kewilayahan, pembangunan Teknopolitan Pelalawan itu tidak berdiri sendiri, tetap merupakan bagian dari 3 Kawasan Strategis Kabupaten Pelalawan lainnya yakni Kawasan Wisata Bono, Kawasan Sentral Pengembangan Padi Pulau Mendol dan Kawasan Pelabuhan Sokoi. Keempat Kawasan Strategis ini menjadi poros ekonomi Pelalawan yang terbentang dari barat ke timur, dan terakses ke Selat Melaka, sebagai alur pelayaran internasional terpadat di dunia itu.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan, Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM, Anggota DPRD Provinsi Riau Daerah Pemilihan Pelalawan dan Siak, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pelalawan, Dr Amalia Adininggar Widyasanti ST MSi selaku Staf Ahli Ka Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Nurul Ichwan SE selaku Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan BKPM, Sekda Kabupaten Pelalawan Tengku Mukhlis, Fungsional Bappeda Provinsi Riau.

Baca: Pemkab Rohul Telah Usulkan Perubahan Nama Bandar Pasir Pengaraian Menjadi Bandara Tuanku Tambusai

Terlihat juga Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris, para Kepala OPD se-Kabupaten Pelalawan, para Camat, Tokoh Masyarakat, Ketua Lembaga Adat, Pimpinan Organisasi Sosial Kemasyarakatan dan Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Organisasi Mahasiswa serta sejumlah Pimpinan Perusahaan. (Advertorial)

Terkait
Pemkab Pelalawan Garis Terdepan Memutus Mata Rantai Covid-19
Pemkab Pelalawan Garis Terdepan Memutus Mata Rantai Covid-19
Putus Mata Rantai Covid-19, Pemkab Rohul Lakukan Penyem
Rapat Paripurna Istimewa HUT Kampar ke-70 Oleh DPRD Kam
Rapat Paripurna Istimewa HUT Kab. Kampar ke-70 Oleh DPR
Lainnya
ASN Kecamatan Rumbai Gelar Shalat Istisqa di Tengah Kabut Asap Pekat
ASN Kecamatan Rumbai Gelar Shalat Istisqa di Tengah Kabut Asap Pekat
Kejari Medan Luncurkan Program Si Abang Lae, Bikin Korb
Kabut Asap Sudah Mulai Selimuti Pekanbaru
Status Siaga Darurat Karhutla Riau, KLHK Beri Penjelasa
Ottech
Begini Tipe Perilaku Penipuan di Whatsapp dan Cara Mengatasinya
Begini Tipe Perilaku Penipuan di Whatsapp dan Cara Mengatasinya
Daihatsu Resmi Luncurkan New Astra Daihatsu Sigra
Awas! VPN Palsu Penyebar Malware Beredar
Olahraga
KPOTI dan Dinas Budaya Sinergi Kembangkan Permainan tradisional
KPOTI dan Dinas Budaya Sinergi Kembangkan Permainan tradisional
Edwin Pratama Akan Perjuangkan Atlit Riau Masuk ke Timn
Edwin Pratama: Ketum PSSI Dukung PSBS Masuk Liga 3 Indo
Entertainment
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Tunggu ya , Serial Televisi Star Wars Segera Diproduksi
Ustadz Abdul Somad di Medan: Ngeri-ngeri Sedap Juga Kur
Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Solok Apresiasi Pelaya
Pendidikan
Universitas Pahlawan MoU dengan UPT-LK Untuk Persiapkan Sarjana Siap Kerja
Universitas Pahlawan MoU dengan UPT-LK Untuk Persiapkan Sarjana Siap Kerja
SMAN 7 Pekanbaru Hibahkan Buku Karya Tulis Siswa Ke Dis
Kekurangan Guru ASN, SDN 001 Pantai Raja Berharap Penam
Hoax or Not
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Hotel di Lampung Di Teror Email Bom, Polisi Bergerak
Banyak Pelaku Terorisme Berasal dari Sumbar dan Sumsel,
Soal Penelantaran Kakek Bernama Abdul Jalil di Medan, I
Kriminal
Resnarkoba Polres Kampar Musnahkan Sabu Yang Ditangkap 2 Pekan Lalu
Resnarkoba Polres Kampar Musnahkan Sabu Yang Ditangkap 2 Pekan Lalu
Bertarung Dengan Sengit, Akhirnya Penjambret Warga Tara
Warga Kompak, Tangkap Pelaku Pencurian Sapi di Senama N
Politik
Habib Salim Assegaf Beri Motivasi Cakada PKS di Riau, Berikut Pesannya..
Habib Salim Assegaf Beri Motivasi Cakada PKS di Riau, Berikut Pesannya..
Presiden PKS Ahmad Syaikhu Ajak Kader Kuatkan Hubungan
Hendry Munief: Ada 3 Kekuatan Besar PKS pada Pemenangan